Wednesday, November 25, 2009

Cara Membuat Komputer jadi Web Server Lokal

Sebelum kita membuat internet yang online , ada baiknya kita coba buat web server lokal di komputer kita sendiri. Disini kita bebas kutak - katik tanpa ada biaya online , sewa hosting dan beli domain.

Caranya yaitu kita install applikasi web server di komputer kita sendiri. Ada banyak applikasi yang bisa dijadikan sebagai Server Website di komputer kita. Baik itu web server di Windows XP ataupun OS lain seperti linux ( Ubuntu , Suse , dll).

Software aplikasi web server yang pernah saya dengar dan paling top adalah :


* Internet Information Service (IIS). IIS ini biasanya sebagai bawaan dari windows. Pada umumnya digunakan pada windows 2000 server dan windows 2003. IIS ini menggunakan bahasa ASP dan banyak dipadukan dengan database MSSQL. Bagi anda yang jago vb script , maka ASP ini sangat cocok buat anda.

* Apache. Ini biasanya untuk website dengan bahasa PHP dan dipadukan dengan database MySQL. Software yang satu ini gratis.


Karena pertimbangan uang dll maka banyak orang memakai Apache , PHP & MySQL untuk membuat server website lokal. Dan juga di hostingan , rata-rata sudah menyediakan fasilitas PHP & MySQL tersebut. Karena itu kita fokuskan topik kita ke web server ini saja.

Kita bisa download Apache , PHP dan MySql dari websitenya dan install satu -satu di komputer kita untuk membuat server website lokal. Tapi ini lebih ribet. Ada beberapa pengembang yang sudah menyediakan satu installer untuk paket tersebut ( Apache , PHP dan MySql ) , seperti :


* XAMPP

* WAMPP

* DONGKRAK


Yang saya pakai di komputer saya adalah XAMPP (basic package) version 1.6.7 untuk Windows. XAMPP ini cukup bagus dan fitur juga cukup lengkap. Berikut fitur - fitur dari XAMPP :


1. Apache 2.2.9

2. MySQL 5.0.51b

3. PHP 5.2.6 + PHP 4.4.9 + PEAR

4. PHP-Switch win32 1.0 (please use the "php-switch.bat")

5. XAMPP Control Version 2.5 from www.nat32.com

6. XAMPP Security 1.0

7. SQLite 2.8.15

8. OpenSSL 0.9.8h

9. phpMyAdmin 2.11.7

10. ADOdb 4.98

11. Mercury Mail Transport System v4.52

12. FileZilla FTP Server 0.9.25

13. Webalizer 2.01-10

14. Zend Optimizer 3.3.0

15. eAccelerator 0.9.5.3 for PHP 5.2.6 (comment out in the php.ini)


Sebagian fungsi fitur ini saya juga belum begitu mengerti. Tapi yang penting adalah ada Apache , PHP dan MySql , dimana ketiga inilah yang paling kita butuhkan untuk membuat lokal web server di komputer kita.

Cara menginstall XAMPP ini juga mudah. Berikut cara cara install XAPP menjadi web server di komputer kita.


1. Download XAMPP di servernya ( http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html)

2. Double klik pada file yang baru dodownload untuk unpack installer. Pilih folder pada level tertinggi untuk tempat unpack file tersebut seperti E:\xampp atau C:\xampp atau folder yang lainnya. Ingat jangan gunakan folder flash disk dan sejenisnya.

3. Buka folder tempat anda unpack sebelumnya.

4. Double klik setup_xampp.bat untuk install XAMPP

5. Cari dan double klik file xampp-control.exe untuk membuka setting XAMPP.

6. Disini anda bisa start dan stop Apache , MySQL server dan fitur lain. Untuk latihan ini saya kira anda cukup start Apache , MySQL saja.

7. Buka browser anda dan ketik http://127.0.0.1 atau http://localhost maka server website lokal anda akan terbuka.


Sampai disini anda sudah berhasil membuat komputer kita menjadi web server. Anda bisa menggunakan phpMyAdmin untuk membuat database.

Copy kan web page anda ke ?:\xampp\htdocs atau buat subfolder dari htdocs untuk website anda. Contoh : Jika anda buat subfolder "coba" maka dari browser anda akan diakses dengan http://localhost/coba